Selasa, 17 Februari 2009

GELANG ANTI STATIS digunakan untuk mencegah terjadinya penyetruman akibat bersentuhan dengan benda yang mengandung aliran listrik saat tidak sengaja bersentuhan ketika tangan kita atau anggota seperti air keringat.

Sebenarnya membuat gelang anti statis sangat mudah.Bahan- bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. elastik
2.kretekan
3.kancinc tutuk(kancing jeans)yang aluminum
4.kabel scrum
5.skun kabel
6.selongsong skun
7.kawat
Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan antara lain:
1.solder listrik
2.palu
3.tang
4.penitik
Langkah-langkah pembuatan:
1.Siapkan kabel secukupnya kira-kira 1 1/2 meter sambungkan kabel tersebut dengan skun dengan menggunakan solder yang telah dilapisi kawat yang meleleh sambung kabel dengan sepasang kancing tutuk caranya dengan menitiknya dengan bantuan palu, jangan lupa masukkan selongsong skun pada kabel.
2.Langkah selanjutnya membuat gelangnya yakni ukurkan kira-kira tengah pada elastik yang telah disesuaikan dengan pergelangan tangan masing-masing untuk memasangkan sepasang kancing penitik yang lain sehingga mempermudah menyambungkannya dengan kabel yang sebelumnya telah diproses pada langkah pertama di atas,agar mempermudah tersambungnya gelan anti statis dengan pergelangan tangan jahitkan masing-masing ujung elastik dengan kretekan.
3.Perhatian! pastikan gelang statis dapat terpasang erat dengan pergelangan tangan karena jika tidak fungsi dari gelang statis tersebut tidak akan terpakai dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar